Salam Yatim Sedekah Instan

Beranda » Obat Penyejuk Hati » Ingin Dibebaskan dari Segala Kesulitan? Bertawakalah!

Ingin Dibebaskan dari Segala Kesulitan? Bertawakalah!

at talaq 2-3

Sesungguhnya semua urusan tidak dapat diraih, kecuali dengan rasa tawakal kepada Allah dan memohon pertolonganNya. Tawakal berarti berserah diri sepenuhnya kepada Allah dalam menghadapi atau menunggu hasil suatu pekerjaan, atau menanti akibat dari suatu keadaan.

Sikap tawakal mempunyai kedudukan yang agung di sisi Allah.Silahkan anda membayangkan,Allah masih memerintah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam , penghulu orang-orang yang bertawakal untuk menerapkan sikap ini.FirmanNya :
“Dan bertawakalah kepada Allah yang hidup (kekal) yang tidak mati, dan bertasbihlah dengan memujiNya…
( QS. Al-Furqan (25) : 58 ).

Dia juga berfirman : “Sebab itu bertawakallah kepada Allah, sesungguhnya kamu berada di atas kebenaran yang nyata”.
( QS. An-Naml (27) : 79 ).

” Dan hanya kepada Allah hendaknya kamu bertawakal, jika kamu benar-benar orang yang beriman “.
( QS. Al-Maaidah (5) : 23 ).

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam pun bersabda dalam satu sabdanya : ” Jika kalian bertawakal kepada Allah dengan sebenar-benarnya tawakal,niscaya Allah akan mengaruniakan rezeki kepadamu sebagaimana Dia mengaruniakan rezeki kepada burung, ia keluar dari sarangnya pada pagi hari dalam keadaan perut kosong dan kembali pada sore harinya dalam keadaan kenyang “( HR. Ahmad ).

Burung tersebut berangkat pada pagi hari dengan perut lapar, tetapi sore harinya ia pulang dengan perut penuh berisi makanan.Allah telah mengaruniakan rezeki kepadanya, telah mengisi perutnya dengan rezeki.Tidak ada satupun makhluk melata di muka bumi ini, kecuali Allah-lah yang menanggung rezekinya.

Barangsiapa yang bertawakal kepada Allah, Allah akan mencukupkan segala kebutuhannya.Barangsiapa yang berpegang teguh dengan agama Allah, niscaya Allah akan menyelamatkannya.Barangsiapa yang menyerahkan segala urusannya kepada Allah, niscaya Allah akan memberinya petunjuk.

Seorang muslim memandang tawakal kepada Allah dalam semua pekerjaannya bukan sebagai kewajiban semata, melainkan juga fardhu agama yang tidak hanya berkaitan dengan urusan agama,tetapi juga urusan duniawi termasuk di dalamnya.Dengan kata lain, tawakal tidak hanya berkaitan dengan urusan duniawi dan mencari rezeki semata, tetapi diharuskan pilu dalam masalah beribadah kepada Allah SWT.

Hendaklah kita selalu merasa yakin, wujudkanlah sikap tawakal kepada Allah, ketahuilah bahwa pemberi rezeki itu hanyalah Allah.Oleh karena itu, janganlah kita memohon sesuatu yang ada di sisi Allah dengan disertai maksiat kepadaNya.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Sesungguhnya Ruhul Kudus (Jibril) membisikkan ke dalam jiwaku bahwa jiwa tidak akan mati hingga telah sempurna semua rezekinya dan telah tiba ajalnya.Oleh karena itu ,bertakwalah kalian semua kepada Allah, dan baguskanlah dalam mencari rezeki.Jangan sampai terlambatnya rezeki menyebabkan kalian memohon apa yang ada di sisiNya dengan tindakan maksiat.Karena segala apa yang dimiliki Allah tidak bisa diperoleh kecuali dengan ketaatan kepadaNya.”
( HR. Al-Bazzar ). Al-Albani menganggapnya sebagai hadits shahih di dalam Shahihut Targhib wat Tarhib.

Janganlah kita meninggalkan shalat, dengan dalih sedang bekerja, dan beralasan bahwa bekerja juga ibadah. Ibadah apa? Jangan kita katakan, kita pergi ke luar negeri hanya untuk memenuhi rezeki anak-anak kita. Kemudian, jika kita menemukan pekerjaan haram atau harta yang haram jiwa kita berhasrat menguasainya. Tidak…! Sesungguhnya yang memberi rezeki hanyalah Allah. Janganlah kita mengabaikan kewajiban Allah ataupun hakNya.

Saudara-saudaraku, inilah hakikat tawakal.Inilah keutamaan tawakal.Kita memohon kepada Allah agar menjadikan kita termasuk orang-orang yang bertawakal dan benar.Kita juga memohon kepada Allah agar mengaruniakan kepada kita manisnya tawakal kepadaNya dan kesejukan yakin kepada Allah serta nikmatnya kepercayaan kepadaNya.Sesungguhnya Dia-lah yang berhak untuk itu.Amin..Amin..Yaa Rabb.

Semoga bermanfaat. Marilah kita untuk senantiasa Mengajak Dan Menebar Kebaikan bagi para sesama.

Kami beristighfar kepada Allah.Semoga Allah Subhanahu Wa Ta’ala melimpahkan shalawat,salam dan keberkahan kepada Nabi kita Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam,keluarga dan para shahabatnya serta seluruh pengikut beliau.

(Sumber : http://mengajakdanmenebarkebaikan.blogspot.com/)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: